Pages

Wednesday 30 November 2011

Dampak Teknologi Dalam Kehidupan Sosial Kampus

Dalam kesempatan ini saya ingin membahas tentang Dampak Teknologi dalam Kehidupan Sosial Kampus. Saya yakin bahwa para pembaca belum banyak mengetahui tentang dampak yang di timbulkan oleh Teknologi di Kehidupan Sosial Kampus. Untuk itu saya ingin menjabarkan dampak-dampaknya agar para pembaca mengetahui dan dapat mengambil sisi baik dari teknologi tersebut.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu  karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan  “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai “keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”. Pengertian teknologi secara umum adalah:
  • Sebuah proses yang meningkatkan nilai tambah
  • Sebuah produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
  • Sebuah Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu. Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada pembahasan ini saya membahas tentang dampak-dampak positif dan  negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia khususnya bagi para mahasiswa/i.
Peranan teknologi bagi kehidupan kampus pun sangat penting dalam kelangsungan aktifitas mahasiswa dalam menuntut ilmu. Akan tetapi, jika kita buka mata lebar-lebar pasti banyak dampak yang di timbulkan oleh teknologi di kehidupan kampus. Dampak tersebut pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Adapun dampak positif dari teknologi di kehidupan sosial kampus, yaitu Pemanfaatan hotspot dan internet lounge di kampus seperti,
  1. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
  2. Sarana yang ada tidak dikenakan biaya apapun atau gratis.
  3. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  4. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
  5. Kemudahan dalam kegiatan akademik, misalkan jadwal kuliah, jadwal ujian, berita tentang kampus, beasiswa, kegiatan kursus dan worksop, pemesanan buku di perpustakaan, pengiriman tugas dan masih banyak lagi.
Disamping kelebihan-kelebihan yang kita peroleh ternyata ada dampak negatif dari pemanfaatan teknologi di kehidupan sosial kampus, yaitu
  1. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
  2. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa/i. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
Nah, kalian sudah mengetahui tentang dampak yang ditimbulkan teknologi di kehidupan sosial kampus kan. Bagaimana?? Sangat menarikkan dan juga menambah wawasan kita tentang teknologi. Sekarang kita harus memanfaatkan sarana kampus yang ada dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi, kita tidak boleh memanfaatkan sarana tersebut untuk hal buruk.

No comments:

Post a Comment