Pages

Wednesday 30 November 2011

Pengaruh sosial Terhadap Generasi Muda

Pengaruh sosial adalah suatu tindakan oleh seseorang atau lebih untuk bisa mempengaruhi pola pikir orang lain, karena sifatnya yang bisa mempengaruhi pola pikir ini sebaiknya kita harus bijaksana dalam menerapkan pengaruh sosial ke dalam kehidupan kita terhadap orang lain. Karena kita tahu sendiri bahwa apa yang menurut kita itu benar atau baik, belum tentu itu akan menjadi baik juga untuk orang lain.

Sangatlah berbahaya jika suatu pengaruh sosial tidak dikelola secara benar, karena ini bisa saling mempengaruhi pola pikir dan masa depan seseorang. Untuk itu seharusnya pengaruh sosial juga disertai dengan berbagai batasan-batasan dalam penerapannya, agar apa semua aktifitas kita tidak begitu mengganggu diri sendiri dan lingkungan kita.

Batasan-batasan itu bisa berupa peraturan atau norma-norma kehidupan, yang juga bisa dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk dalam pengaruh sosial. Tentu saja tidak lucu kalau seandainya suatu aktifitas yang kita lakukan selama ini, itu dilakukan secara bebas, apa yang terjadi? Berbagai ketidaksetaran antara kita dengan orang lain akan muncul di sini, dan itu yang bisa mengakibatkan perselisihan.

Batasan dalam pengaruh sosial juga sebaiknya tidak memandang siapa orang itu, mau pejabat tinggi kek, wakil negara kek, atau bahkan seorang pemimpin negara sekalipun batasan-batasan dalam pengaruh sosial tetap harus diterapkan. Karena kita adalah manusia yang memang merupakan makhluk sosial, jadi sudah sepantasnya batasan-batasan itu berlaku untuk semua orang.

Segala aktifitas sosial kita itu adalah merupakan pengaruh sosial yang bisa mempengaruhi orang lain, hendaknya kita bisa mengendalikan diri dalam dunia sosial ini. Memang tidak menutup kemungkinan juga bagi aktifitas kita ini untuk merubah orang lain, akan tetapi kalau kita bisa mengikuti pedoman pengaruh sosial maka segala akibat dari aktifitas kita selama ini bukan merupakan suatu kesalahan, melainkan efek dari apa yang telah kita buat.
Kenapa saya sebut sebagai efek? Karena memang jika kita telah mengikuti pedoman pengaruh sosial yang ada, jadi memang seharusnya tidak ada aktifitas yang bisa disebut sebagai kesalahan, karena memang kita juga melakukannya sudah sesuai aturan atau pedoman.

Membentuk generasi muda yang berkualitas di masa depan nanti, juga bisa dibuat melalui metode pengaruh sosial ini. Sudah menjadi kodratnya manusia untuk saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya, untuk itu membentuk suatu komunitas generasi muda tertentu yang sesuai dengan kapasitasnya merupakan cara tercepat dalam pembentukan karakter generasi muda.

Kenapa dengan membentuk suatu komunitas? Karena memang kita sendiri juga tahu kalau setiap orang itu sudah mempunyai karakter atau keunikan tersendiri. Di setiap orang antara yang satau dengan yang lainnya itu tidak ada yang memiliki keunikan yang sama, oleh sebab itu dengan membentuk komunitas yang memiliki keunikan atau karakter sesuai kapasitas generasi muda akan mempermudah para generasi muda ini membentuk pengaruh sosial yang memang sesuai.

No comments:

Post a Comment