SHADING MODELLING
Tugas ini disusun oleh:
1. Aisyah Suprih Asmoro (50411484)
2. IQBAL
MAULANA (53411659)
3.
Muhammad
Faris Al Fatih (54411827)
4. Sherly Maria Pangalia (56411737)
PEMBIMBING:
I
MADE WIRYANA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
Kata
Pengantar
Puji syukur kita panjatkan bagi Tuhan
Yang Maha Esa yang senantiasa memberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala
urusan hingga kami mampu menyelesaikan buku SHADING MODELLING yang diberikan
tugas kepada kami Oleh Ibu Novia Fatimah.
Terima kasih yang sedalam-dalamnya
kepada seluruh anggota kelompok kami dan partisipasi yang dengan sabar dan
ikhlas memberi dukungan jasmani dan
rohani dalam setiap tahapan proses pembuatan buku ini.
Buku yang berada di tangan anda ini
merupakan buku panduan materi bagi siswa/mahasiswa dan merupakan panduan dalam
mempelajari dalam bidang desain khususnya mengenalkan konsep-konsep awal
desain. Dalam buku pertama materi yang dirangkumkan mulai grammatikal dasar
hingga pembentukan kalimat-kalimat kompleks secara garis besar beserta
rumus-rumus dan algoritma matematika yang dipakai pada shading modelling.
Akhirnya kami mengucapkan selamat membaca dan berpandang mesra dengan
dunia desain yang telah kami sajikan. Dan tentu tidak lupa kami harapkan kritik
dan saran agar kami senantiasa rajin berbenah untuk memperbaiki kesalahan dalam
penulisan yang belum sempurna.
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada saat ini, data atau informasi
tidak hanya disajikan dalam bentuk teks, tetapi juga dapat berupa gambar, audio
dan video. Keempat macam data atau informasi tersebut sering disebut dengan
multimedia. Era teknologi saat ini tidak dapat dipisahkan dari multimedia.
Citra (Image) merupakan istilah lain
untuk gambar. Citra sebagai salah satu komponen multimedia memegang peranan
penting sebagai bentuk informasi visual. Citra mempunyai karakteristik yang
tidak dimiliki oleh data teks, yaitu citra kaya dengan informasi.
Walaupun citra kaya dengan informasi,
namun seringkali citra mengalami penurunan mutu, misalnya warnanya terlalu
kontras, kurang tajam, mengandung cacat dan sebagainya. Tentu saja citra
semacam itu menjadi sulit diinterpretasi oleh manusia karena informasi yang
disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang. Agar citra yang mengalami
gangguan mudah diinterpretasi, maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi
citra lain yang kualitasnya lebih baik yaitu dengan pengolahan citra.
Meskipun perangkat lunak (software)
aplikasi untuk pengolahan citra sudah semakin banyak bermunculan, tetapi
perangkat lunak tersebut tidak dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan
oleh pengguna/user, disebabkan oleh masalah yang disebutkan diatas tadi. Oleh
karena itu, Penulis tertarik untuk membahas tentang pengoperasian teknik
shading modelling menggunakan aplikasi blender
dan 3DMax
1.2 Rumusan Masalah
Dalam penulisan buku ini, yang
menjadi rumusan masalah adalah bagaimana membuat suatu objek dalam aplikasi
yang digunakan (blender) dan 3DMax yang
di dalamnya menggunakan berbagai teknik shading modelling yang ada.
1.3
Batasan Masalah
Pembatasan masalah yang penulis
uraikan disini adalah konsep dari shading modeling, penjelasan matematika dan
algoritma, contoh, perangkat lunak yang mendukung serta contoh kasus dari
shading modeling.
1.4
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan buku ini adalah
agar pembaca dapat memahami teknik-teknik yang digunakan dalam menggunakan
software blender dan 3DMax sehingga, para pembaca dapat mengaplikasikannya
dalam pembuatan suatu objek.
1.5 Metode Penelitian
Metode penelitian dalam pembuatan
buku ini adalah study pustaka, dimana dalam hal ini penulis mencari materi
tentang teknik-teknik yang ada dalam shading modelling, kemudian penulis
mencoba mengaplikasikannya dalam software blender dan 3DMax yang digunakan.
1.6
Sistematika Penulisan
Sebagai gambaran singkat tentang
pokok pembahasan penulisan ini, Penulis akan menguraikannya dalam beberapa bab,
dengan sistematika sebagai berikut:
BAB
I PENDAHULUAN
Pada bab ini dibahas latar belakang
masalah, rumusan masalah, batasan
masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.
BAB
II KONSEP DAN TEORI PADA SHADING
MODELLING
Bab ini membahas tentang sejarah dari
shading modelling, teknik-teknik yang ada dalam shading modelling, serta
algoritma yang digunakan dalam menggunakan teknik shading modelling.
BAB
III PERANGKAT LUNAK
Pada bab ini berisi pembahasan
tahap-tahap pembuatan suatu objek menggunakan aplikasi blender dan 3DMax , dan
menggunakan teknik shading modelling di dalam pembuatannya. Perangkat lunak yang mendukung atau
menerangkan konsep pada bab 2, dan deskripsi perangkat lunak tersebut.
BAB
IV KASUS/CONTOH SERTA MANFAAT
Bab ini berisi kasus atau contoh
serta manfaat yang yang bisa kita dapatkan dari teknik shading modeling pada
blender dan 3DMax
BAB
V PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari
pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab-bab sebelumnya dan saran-saran yang
sifatnya mengarah kepada penyempurnaan dari apa yang telah disajikan dalam
tulisan ini.
No comments:
Post a Comment