BAB
3
APLIKASI
YANG MENDUKUNG SHADING MODELLING
Model 3D adalah salah satu blok
bangunan penting dari komputer grafis 3D. Tanpa mereka tidak akan ada komputer animasi-tidak ada Toy Story, tidak
ada Wall-E, tidak ada ogre hijau besar. Tidak akan ada game 3D, yang berarti
kita tidak pernah untuk mengeksplorasi Hyrule di Ocarina of Time, dan Master
Chief tidak pernah pada Halo. Tidak akan ada film Transformers (setidaknya cara
kita tahu mereka hari ini), dan iklan mobil tidak mungkin melihat hal seperti
ini satu. Setiap objek, karakter, dan lingkungan dalam setiap film animasi
komputer atau video game 3D terdiri dari model 3D. Jadi ya, mereka cukup penting
dalam dunia CG.
Apa
itu Model 3D?
Model 3D adalah perwakilan dari
setiap objek tiga dimensi (nyata atau bayangan) dalam lingkungan perangkat
lunak 3D. Tidak seperti gambar 2D, model 3D dapat dilihat di suite perangkat
lunak khusus dari sudut manapun, dan dapat ditingkatkan, diputar, atau secara
bebas dimodifikasi. Proses menciptakan dan membentuk model 3D dikenal sebagai
pemodelan 3d.
Jenis
Model 3D
Ada dua jenis utama dari model 3D
yang digunakan dalam film & industri game, perbedaan yang paling jelas berada
di jalan mereka diciptakan dan dimanipulasi (ada perbedaan dalam matematika
yang mendasari juga, tapi itu kurang penting sampai akhir -pengguna).
NURBS
Surface
NURBS Surface: A Non-seragam rasional
B-spline, atau NURBS Surface adalah model permukaan halus yang diciptakan
melalui penggunaan kurva Bezier (seperti versi 3D dari alat pena MS Paint).
Untuk membentuk permukaan NURBS, artis menarik dua atau lebih kurva dalam ruang
3D, yang dapat dimanipulasi dengan menggerakkan menangani disebut kontrol vektor
(CV) sepanjang sumbu x, y, atau z
Aplikasi perangkat lunak interpolates ruang
antara kurva dan menciptakan mesh halus antara mereka. NURBS Surface memiliki
tingkat tertinggi presisi matematis, dan karena itu paling sering digunakan
dalam pemodelan untuk rekayasa dan desain otomotif.
Polygonal
Model
Polygonal Model: model Polygonal atau
"(Meshes)/jerat" mereka sering
disebut, adalah bentuk paling umum dari model 3D ditemukan dalam animasi, film,
dan industri game, dan mereka akan menjadi jenis yang kita akan berfokus pada
untuk sisa artikel.
Model Polygonal sangat mirip dengan
bentuk geometris Anda mungkin pelajari di sekolah menengah. Sama seperti sebuah
kubus geometris dasar, model poligonal 3D terdiri dari wajah, tepi, dan simpul.
Bahkan, model 3D yang paling kompleks
mulai sebagai bentuk geometris sederhana, seperti kubus, bola, atau silinder.
Bentuk-bentuk 3D dasar disebut primitif objek. Primitif yang kemudian dapat
dimodelkan, berbentuk, dan dimanipulasi menjadi apa pun objek artis sedang
mencoba untuk membuat (sebanyak yang kita ingin masuk ke detail, kita akan
membahas proses pemodelan 3D dalam sebuah artikel terpisah).
Komponen
dari model poligonal:
Faces: Karakteristik nyata dari model
poligonal adalah bahwa (tidak seperti NURBS Surface) adalah jerat poligonal
segi, yang berarti permukaan model 3D terdiri dari ratusan atau ribuan wajah
geometris. Pada pemodelan baik, poligons baik persegi empat (quad-norma dalam
karakter / model organik) atau tiga sisi (tris-lebih sering digunakan dalam
pemodelan game). Pemodel baik berusaha untuk efisiensi dan organisasi, mencoba
untuk tetap dianggap poligon serendah mungkin untuk bentuk yang diinginkan.
Jumlah poligon dalam mesh,
disebut-poli-count, sementara kepadatan poligon disebut resolusi. Model 3D
terbaik memiliki resolusi tinggi lebih detil adalah dibutuhkan-seperti tangan
karakter atau wajah, dan resolusi rendah di daerah rinci rendah mesh. Biasanya,
semakin tinggi resolusi keseluruhan model, halus itu akan muncul dalam render
akhir. Jerat resolusi yang lebih rendah terlihat berbentuk kotak (ingat 64
Mario?).
Edge: Edge adalah setiap titik pada permukaan
model 3D di mana dua wajah poligonal bertemu.
vertices/Simpul: Titik perpotongan
antara tiga atau lebih ujung disebut verteks (gb. simpul). Manipulasi simpul
pada x, y, dan z-sumbu (sayang disebut sebagai "mendorong dan menarik
verts") adalah teknik yang paling umum untuk membentuk mesh poligonal
menjadi bentuk akhir itu dalam paket pemodelan tradisional seperti Maya, 3ds
Max, dll . (Teknik sangat, sangat berbeda dalam aplikasi mematung seperti
ZBrush atau Mudbox.)
Ada satu komponen yang lebih dari model 3D yang
perlu ditangani:
Tekstur
dan Shaders:
Tanpa tekstur dan shader, model 3D
tidak akan terlihat menarik. Bahkan, Anda tidak akan dapat melihatnya sama
sekali. Meskipun tekstur dan shader tidak ada yang melakukan dengan bentuk
keseluruhan model 3D, mereka memiliki segala sesuatu yang berkaitan dengan
tampilan visual itu.
Shaders: shader adalah satu set
instruksi diterapkan pada model 3D yang memungkinkan komputer tahu bagaimana
harus ditampilkan. Meskipun jaringan shading dapat dikodekan secara manual,
paket perangkat lunak yang paling 3D memiliki alat yang memungkinkan seniman
untuk men-tweak parameter shader dengan sangat mudah. Menggunakan alat ini, seniman
dapat mengendalikan cara permukaan model berinteraksi dengan cahaya, termasuk
opacity, reflektifitas, sorot specular (kilau), dan puluhan lainnya.
Tekstur: Tekstur juga berkontribusi
besar terhadap tampilan visual model. Textures dua file gambar dimensi yang
dapat dipetakan ke permukaan 3D model melalui proses yang dikenal sebagai
pemetaan tekstur. Textures dapat berkisar dari yang sederhana dalam
kompleksitas tekstur warna datar hingga detail permukaan benar-benar realistis.
Texturing dan shading merupakan aspek
penting dari pipa grafis komputer, dan menjadi pandai menulis shader-jaringan
atau mengembangkan peta tekstur adalah khusus di dalamnya benar sendiri.
Tekstur dan shader seniman hanya sebagai instrumen dalam keseluruhan tampilan
film atau gambar sebagai pemodel atau animator.
3.1
PENGENALAN BLENDER DAN 3DMAX
Blender 3D yang merupakan software
gratis dan open source ini merupakan open source 3D paling populer di dunia.
Fitur Blender 3D tidak kalah dengan software 3D berharga mahal seperti 3D
studio max, maya maupun XSI. Dengan Blender 3D anda bisa membuat objek 3D
animasi, media 3D interaktif, model dan bentuk 3D profesional, membuat objek
game dan masih banyak lagi kreasi 3D lainnya. Blender 3D memberikan fitur –
fitur utama sebagai berikut :
1. interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. tool untuk membuat objek 3D yang lengkap
meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle
dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan
game creation.
3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan
mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi
windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi
dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
5. Dukungan yang aktif melalui forum dan
komunitas
6. File Berukuran kecil.Blender adalah perangkat
lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
(Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data
yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer. Dengan kata lain, bagiansistem komputer yang tidak berwujud. Istilah
ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer).
grafis 3 dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat
3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memilik ipanjang, lebar,
dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer
dan matematika. Sistem koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3
dimensi.
(Animasi, atau lebih akrab disebut
dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film
animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian
di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan
komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan
cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi
daripada film animasi 2 dimensi.)
Software pengembangan
animasi dimensi tiga
merupakan software yang banyak
digunakan oleh para
praktisi dalam bisnis
periklanan. Software ini
banyak ragamnya, sesuai dengan keterserdiaan fasiltas yang disediakan
untuk memudahkan pengguna. Discreet 3DS
Max merupakan software dimensi tiga yang
dapat membuat objek
dimensi tiga tampak
realistis. Keunggulan yang dimiliki
adalah kemampuannya dalam
menggabungkan objek image,
vektor dan tiga dimensi,
serta langsung dapat
menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi tiga dapat
diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
Kemajuan dunia grafik khususnya
animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak
kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor
dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunya
menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide kreatifitas
dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa selaku insan
yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun dalam
mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini disusun dari berbagai macam sumber untuk mempermudah
siswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan konsep animasi dan pemodelan 3D
dengan menggunakan Software 3ds max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup
dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi
siswa untuk dapat melatih diri dalam mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka
3.2
SEJARAH BLENDER DAN 3DMAX
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal
mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.
NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di
Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal
selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas
pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah
software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender
memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada
tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk
mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk
menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis
dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai
dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi
perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya,
Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif.
Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu
mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap
pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang
ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang
bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu
mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun
2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License..
Produk asli 3D Studio diciptakan
untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D
Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT,
dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga awalnya
diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu
divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis
kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama
dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max"
(semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet
perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli
Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan
namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada
rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".
3.3
FITUR-FITUR BLENDER DAN 3DMAX
Blender memiliki fitur sama kuat
mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti
Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang
merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source
yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu
yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis
masing-masing.
Fitur termasuk:
• Model:
Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva
B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh;
Python Scripting
• Rigging:
Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
• Animasi:
animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi
Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala
animasi
• Rendering:
raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang,
non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek
termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses
pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
• UV
unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping
berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
• Shading:
membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta
Refleksi
• Fisika
dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator
Fluida; solver Realtime tubuh lembut
• Imaging
dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter,
warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat;
Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
• Realtime
3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan;
jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul,
majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan
Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan
OpenGL; Python scripting; Audio
• Lintas
Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan
untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN
dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
• Kualitas
tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
• Lebih
dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
• Diekseskusi
berukuran kecil, dan distribusi rendah
Area
kerja 3DS max
1. Menu,
berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau
animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada
software pada umumnya.
2. Tool
Reactor, berisi tool-tool yang dapat
digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan
dengan menekan Create > Helpers > reactor
3. Command
Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan
objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam
suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya.
Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang
berada di bawah biasa disebut rollout.
Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4. Viewport,
merupakan area atau layar tempat kita
mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi,
yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang
tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom,
left, right, front, back, perspectift dan user.
Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport
tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5. Main
toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai
keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main
toolbar standar seperti tampak pada gambar di bawah ini :
Fitur-fitur
3DMAX :
a. Undo
berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo
merupakan kebalikan dari undo
c. Select
and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain
sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d. Unlink
selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau
hubungan tersebut.
e. Bind
to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu
objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan
efek air (Water).
f. Selection
filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang
akan dipilih.
g. Select
object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h. Select
by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select
and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j. Select
and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih
tersebut.
k. Select
and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l. Use
center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan
mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror
digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n. Layer
manager digunakan untuk mengatur layer
o. Curve
editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p. Material
editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang
kita buat
q. Render
scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
Time
Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat
mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang
terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
Time
Slider
Prinsipnya sama dengan Timeline yang
berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi
objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga
kita fahami fungsinya untuk melakukan
perubahan animasi pada suatu objek.
3.4
Kelebihan Blender dan 3DMAX
Blender adalah salah satu software
open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi,
ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan
software sejenis. Berikut kelebihannya :
• Open
Source
Blender merupakan salah satu software
open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan
pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang
digunakan Blender.
• Multi
Platform
Karena sifatnya yang open source,
Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan
Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan
berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
• Update
Dengan status yang Open Source,
Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh
lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam,
terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia
di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
• Free
Blender merupakan sebuah software
yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar
biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan
digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam
mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan
seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar
untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
• Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih
lengkap dari software 3D lainnya. Coba
cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing,
Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah
include atau di bundling seperti Blender.
• Ringan
Blender relatif ringan jika
dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk
menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran
dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa
digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih
lambat.
• Komunitas
Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung
dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai
yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu
mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh
nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute
Tampilan Awal Pada Blender
Tampilan
Awal Blender
MAXScript adalah built-in bahasa scripting yang dapat digunakan untuk
mengotomatisasi tugas yang berulang, menggabungkan fungsi yang ada dengan cara
baru, mengembangkan alat baru dan user interface, dan banyak lagi. Modul plugin
dapat dibuat sepenuhnya dalam MAXScript.
Karakter
Studio
Karakter Studio adalah sebuah plugin
yang sejak versi 4 Max sekarang terintegrasi dalam 3D Studio Max, membantu
pengguna untuk menghidupkan karakter virtual. Sistem ini bekerja dengan
menggunakan rig karakter atau "Biped" kerangka pengaturan yang
memiliki saham yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan jerat karakter
bugar dan kebutuhan animasi. Alat ini juga termasuk alat editing yang kuat
untuk IK / FK switching, Pose manipulasi, Layers dan workflow keyframing, dan
berbagi data di seluruh animasi kerangka Biped berbeda. Ini "Biped"
objek memiliki fitur berguna lainnya yang membantu mempercepat produksi siklus
berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
Adegan
Explorer
Adegan Explorer, sebuah tool yang
menyediakan tampilan hierarkis adegan data dan analisis, memfasilitasi bekerja
dengan adegan yang lebih kompleks. Explorer adegan memiliki kemampuan untuk
menyortir, menyaring, dan pencarian adegan oleh setiap jenis objek atau
properti (termasuk metadata). Ditambahkan dalam 3ds Max 2008, itu adalah
komponen pertama untuk memfasilitasi. Kode dikelola NET dalam 3ds Max luar
MAXScript.
DWG Impor 3ds Max mendukung impor dan
menghubungkan file DWG. Peningkatan manajemen memori dalam 3ds Max 2008
memungkinkan adegan yang lebih besar harus diimpor dengan beberapa objek.
Tekstur
Penugasan / Edit
3ds Max menawarkan operasi untuk
tekstur kreatif dan pemetaan planar, termasuk ubin, mirroring, decals, sudut,
memutar, blur, UV peregangan, dan relaksasi; Hapus Distorsi; Pertahankan UV,
dan ekspor Template gambar UV. Alur kerja tekstur mencakup kemampuan untuk
menggabungkan yang tidak terbatas jumlah tekstur, browser bahan / peta dengan
dukungan untuk drag-and-drop tugas, dan hirarki dengan thumbnail. Fitur alur
kerja UV termasuk pemetaan Pelt, yang mendefinisikan lapisan adat dan
memungkinkan pengguna untuk terungkap Uvs menurut orang-orang lapisan; copy /
paste bahan, peta dan warna, dan akses ke jenis pemetaan cepat (kotak,
silinder, bola).
Umum
keyframing
Dua keying mode - set kunci dan kunci
otomatis - menawarkan dukungan untuk workflow keyframing berbeda. Cepat dan
kontrol intuitif untuk keyframing - termasuk potong, salin, dan paste -
membiarkan pengguna membuat animasi dengan mudah. Lintasan Animasi dapat
dilihat dan diedit langsung di viewport.
Dibatasi
Animasi
Objek dapat animasi sepanjang kurva
dengan kontrol untuk penyelarasan, perbankan, kecepatan, kelancaran, dan
perulangan, dan sepanjang permukaan dengan kontrol untuk penyelarasan. Berat
jalur yang dikendalikan animasi antara kurva ganda, dan menghidupkan berat.
Objek dapat dibatasi untuk menghidupkan dengan obyek lain dengan berbagai cara
- termasuk melihat, orientasi dalam ruang koordinat yang berbeda, dan
menghubungkan di berbagai titik dalam waktu. Kendala ini juga mendukung animasi
pembobotan antara lebih dari satu sasaran. Semua animasi dibatasi dihasilkan
dapat jatuh ke keyframes standar untuk pengeditan lebih lanjut.
Skinning
Entah Kulit atau pengubah Physique
dapat digunakan untuk mencapai kontrol tepat deformasi tulang, sehingga
karakter deformasi lancar sebagai sendi yang bergerak, bahkan di daerah yang
paling menantang, seperti bahu. Kulit deformasi dapat dikendalikan dengan
menggunakan beban puncak langsung, volume simpul didefinisikan oleh amplop,
atau keduanya.
Kemampuan seperti tabel berat, bobot
paintable, dan tabungan dan pemuatan bobot menawarkan mudah mengedit dan
kedekatan berbasis transfer antara model, menyediakan akurasi dan fleksibilitas
yang dibutuhkan untuk karakter rumit.
Opsi mengikat kaku menguliti berguna
untuk menghidupkan rendah poligon model atau sebagai alat diagnostik untuk
animasi kerangka biasa. Pengubah tambahan, seperti Kulit Bungkus dan Kulit
Morph, dapat digunakan untuk menggerakkan jerat dengan jerat lainnya dan
membuat penyesuaian bobot yang ditargetkan di daerah sulit.
Kerangka
dan Invers Kinematika(IK)
Karakter bisa dicurangi dengan
kerangka kustom menggunakan 3ds Max tulang, pemecah IK, dan alat rigging
didukung oleh Data Motion Capture. Alat animasi Semua - termasuk ekspresi,
script, daftar controller, dan kabel - dapat digunakan bersama dengan satu set
utilitas khusus untuk tulang untuk membangun rig struktur apapun dan dengan
kontrol kustom, sehingga animator hanya melihat UI yang diperlukan untuk
mendapatkan karakter mereka animasi .
Empat plug-in kapal pemecah IK dengan 3ds Max:
sejarah-independen solver, sejarah tergantung solver, pemecah anggota tubuh, dan
spline IK solver. Ini pemecah kuat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk
membuat animasi berkualitas tinggi karakter. Pemecah sejarah-independen
memberikan campuran halus antara animasi IK dan FK dan menggunakan sudut lebih
suka memberi animator kontrol lebih besar atas posisi tulang yang terkena.
Pemecah sejarah yang bergantung bisa
menyelesaikan dalam batas bersama dan digunakan untuk mesin seperti animasi.
Ekstremitas IK adalah pemecah dua-tulang ringan, dioptimalkan untuk real-time
interaktivitas, ideal untuk bekerja dengan karakter lengan atau kaki. Spline IK
solver menyediakan sistem animasi yang fleksibel dengan node yang dapat
dipindahkan di mana saja dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan untuk animasi
efisien rantai tulang, seperti tulang belakang karakter atau ekor, dan termasuk
mudah digunakan twist dan kontrol roll.
Integrated
Cloth Solver
Selain pengubah kain reaktor, 3ds Max
software memiliki mesin kain-simulasi terpadu yang memungkinkan pengguna untuk
mengubah hampir semua objek 3D ke pakaian, pakaian atau membangun dari awal.
Tabrakan pemecahan cepat dan akurat bahkan dalam simulasi yang kompleks.
(Image.3ds max.jpg)
Simulasi Lokal memungkinkan seniman
menggantungkan kain secara real time untuk mendirikan negara pakaian awal
sebelum pengaturan kunci animasi.
Kain simulasi dapat digunakan bersama
dengan lainnya 3ds Max kekuatan dinamis, seperti Space Warps. Beberapa sistem
kain independen dapat animasi dengan obyek mereka sendiri dan kekuatan. Data
deformasi Kain dapat di-cache ke hard drive untuk memungkinkan iterasi tak
rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
Integrasi
dengan Autodesk Vault
No comments:
Post a Comment